Tuesday, March 29, 2016

Cara Memasang Facebook Pada Blog



Sesuai judul di atas kali ini saya akan membagikan tutorial blogger newbie melanjutkan postingan yang lalu yaitu memasang akun faebook pada blog yang telah kita buat. pada dasarnya akun yang akan kita pasang pada blog bukanlah akun utama melainkan akun halaman facebook dari akun utama kita. Jadi untuk dapat memasang facebook pada blog anda harus terlebih dahulu membuat halaman atau page pada akun facebook anda. buatlah halaman facebook yang ada corelasinya dengan blog anda kalo bisa judul halamannya sama dengan nama atau judul dari blog anda agar nanti pada saat anda ingin merepost artikel atau apapun dari blog ke halaman facebook anda tidak rancu atau kontradiktif. oke ya... saya anggap anda sudah membuat halamannya untuk langkah pertama dalam memasang facebook pada blog adalah dengan meluncur ke alamat web ini anda akan dihadapkan pada halaman seperti yang nampak pada gambar berikut ( scroll sedikit saja kebawah ).
facebook page plugin
kita akan fokus pada pada bagian yang sudah diberi tanda merah. nah... sekarang perhatikan kotak dibawah yang bertuliskan tinta merah ( klik saja untuk memperbesar gambar ) disana saya mencontohkan memasukkan alamat akun utama dari facebook saya dan ternyata memang facebook page plugin ini hanya bisa digunakan untuk alamat halaman saja. maka, masukkan alamat halaman facebook anda pada kotak yang bertuliskan Facebook page url dengan cara masuk ke akun facebook kemudian pada menubar ada tandapanah yang menunjuk ke bawah, klik tanda itu kemudian pilih halaman facebook yang akan anda pasang pada blog kemudian klik kanan dan copy link address, anda bisa melihat screen shoot nya pada gambar berikut.( bila cara ini tidak bekerja silahkan input alamat halaman facebook anda dengan cara manual )
memasang facebook pada blog
setelah mengisi url halaman facebook nya pada bagian bawah akan ada penampakan gambar yang merupakan visualisasi dari facebook yang akan terpasang pada blog. tahap selanjutnya yaitu mengisi lebar ( Width ) dari widgetnya yaitu disesuaikan dengan lebar sidebar yang anda gunakan pada blog. jika anda menggunakan template original dari blogger anda dapat melihat lebar sidebar anda pada menu template-sesuaikan, pada halaman blogger dasbor seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya. dan jika anda menggunakan template hasil upload anda dapat mencarinya pada bagian edit html. untuk blogger newbie ini saya menggunakan lebar 300 karena pada sidebarnya lebar yang digunakan ialah 300 dengan tinggi 300 juga tuliskan pada bagian Height. Kemudian pada Tabs kosongkan saja karena jika kita menggunakan timeline semua postingan pada halaman tersebut akan ikut muncul dan itu kurang memperindah tampilan facebook anda pada blog. pada option box nya centang saja pada adapt to plugin continer width dan show friend's faces. jika visualisasinya sudah sesuai dengan harapan anda klik get code pada bagian tulisan dengan block biru masih pada area yang saya merahkan seperti gambar di atas, copy semua code yang ada pada box 1 dan box 2.
memasang facebook pada blog
sekarang kita menuju halaman dasbor blog kita. klik tata letak, pada bagian sidebar klik tambah gadget kemudian pilih HTML/javascrift. kemudian pastekan semua code yang telah dicopy sebelumnya pada popup box html/javascrift, gabungkan kedua code tersebut dengan spasi. untuk memudahkan penataan widget pada sidebar masukan judul sesuai widget yang dipasang , karena kita akan memasang widget facebook maka widget kita bisa kita beri judul facebook atau fb atau bisa juga sosial media.
memasang facebook pada blog
klik simpan kemudian klik lagi simpan setelan untuk memastikan widget yang sudah kita pasang benar-benar tersimpan. sekarang anda tinggal melihat penampakannya pada blog anda. jika anda berhasil maka tampilan blog anda bertambah anggun dengan adanya page plugin facebook ini. setiap like yang pengunjung berikan pada blog anda ini secara otomatis akan meningkatkan rating blog dan menambah jumlah jempol pada halaman facebook anda.
pada kesempatan berikutnya Insya Allah blogger newbie akan melanjutkan pembahasan tentang pemasangan widget-widget pada sidebar.