Tuesday, March 29, 2016

Istilah-istilah Pada Blogger Dasbor

Blog sudah dibuat, kini saatnya kita mengenal istilah-istilah yang ada pada blogger dasbor. Jika sudah login dengan akun gmail pada komputer anda, masuk kealamat blogger kemudian klik ikhtisar tampilannya akan seperti gambar di samping. klik untuk melihat penampakannya.
terima kasih


pada blogger dasbor terdapat beberapa menu yang berada pada tab bagian kiri halaman. bagian-bagian dari menu tersebut adalah :
Ikhtisar : pada bagian ini terdapat grafik penayangan dan keterangan pembaruan blog anda. menu ikhtisar difungsikan sebagai beranda halaman blogger anda bagian ini berguna untuk melihat keterangan secara menyeluruh terhadap aktifitas blog anda.
Pos : Berisi judul dari semua postingan yang telah anda buat. pada menu ini terdapat tiga sub menu antara lain : semua, draft, diterbitkan. artinya jika anda ingin melihat postingan anda secara utuh pilih saja semua, jika anda ingin melihat postingan yang masih ditandai dengan label draft klik draft, dan jika anda ingin melihat postingan yang sudah diterbitkan atau dipublikasikan klik submenu diterbitkan
Laman : Berisi hlaman-halaman yang sudah pernah ditulis, Berbeda dengan pos, laman adalah halaman tak nampak yang bisa dipanggil jika alamat linknya ditautkan. jadi setiap anda membuat tulisan pada laman ini tulisan anda tidak akan terlihat pada blog anda kecuali anda menautkan link laman tersebut pada pos, ataupun bisa juga pada menu.
Komentar : menu ini memuat seluruh komentar yang ada pada blog anda, bagian ini difungsikan untuk melihat komentar yang masuk dari semua label blog, agar lebih cepat menanggapi setiap komentar yang ada. pada menu ini juga terdapat dua sub menu yaitu, diterbitkan dan spam, diterbitkan untuk setiap komentar yang masuk dan spam untuk komentar yang kita tandai.
Google+ : Tempat setelan blog yang terkoneksi langsung dengan akun google+ anda, tandai pada setiap keterangan yang sesuai dengan keinginan anda. di bawah setelan terdapat beberapa keterangan yang bisa anda ikuti untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau tayangan blog anda.
Statistik : Secara garis besar bagian ini memuat statistik dari semua aktifitas blog anda mulai dari ikhtisar, pos, sumber lalu lintas blog, pemirsa. jumlah dari total tayng laman anda, browser yang digunakan oleh pengunjung, asal negara pengunjung, kata kunci yang dipakai untuk menelusuri postingan, sampai situs perujuk menuju blog anda tertera lengkap disini, jadi pad abagian ini dapat anda gunakan sebagai strategi agar blog anda bisa dikenal di dunia maya secara cepat.
Kampanye : anda juga dapat mempromosikan blog anda pada menu ini melalui google adword untuk meningkatkan pengunjung dan menaikkan rating blog untuk dapat tampil pada google engine.
Tata letak : Berfungsi untuk menata bagian-bagian yang ada pada halaman blog anda, dengan penataan yang tepat blog anda akan terlihat rapi dan enak dipandang sehingga menarik perhatian pengunjung yang telah melihat blog anda untuk dapat berkunjung lagi.penempatan widget-widget yang baik tentunya akan meningkatkan jumlah tayangan secara otomatis.
Template : Pada tampilan selular template bisa diartikan tema, berfungsi untuk memperindah bahkan merombak tampilan blog anda yang awalnya standar bisa anda rubah menjadi sesuai dengan imajinasi atau tampilan pavorit anda. pada template ini anda bisa mengganti warna, ukuran huruf, jenis, huruf, lebar postingan, lebar sidebar atau mengganti template secar amenyeluruh dengan mengunggahnya.
Setelan : untuk mengganti  judul blog, deskripsi, alamat, perijinan, bahasa yang digunakan bisa anda lakukan pada menu setelan ini. Menu ini terdiri dari setelan dasar, setelan pos dan komentar, email, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran dan lainnya.


untuk tutorial selanjutnya akan dibahas bagaimana cara menambahkan widget pada sidebar untuk memperindah blog kita. Sengaja bagian ini saya dahulukan karena apabila blog sudah terkihat menarik setidaknya oleh diri sendiri membuat postingan akan lebih menyenagkan dan nyaman duduk berlama-lama dihadapan komputer hanya sekedar memandang keindahan hasil kreatifitas dan belajar kita yang sungguh-sungguh, tentu hal ini juga menjadi kebanggan tersendiri buat kita untuk membuktikan bahwa kita pun bisa berbuat sama halnya yang bisa diperbuat orang lain.