Tuesday, March 29, 2016

Langkah awal membuat blog

Blog merupakan suatu halaman pada dunia maya dimana pada halaman atau ruang tersebut terdapat berbagai hal yang berbentuk tulisan, gambar, link, atau apapun yang sejenisnya. jadi blog bisa di fungsikan sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan hal yang berhubungan dengan dunia maya. bila diibaratkan dalam dunia nyata blog merupakan rumah, jalan, jembatan , kamar, dll. pada sebuah ruangan kita bisa menambahkan apapun di dalamnya bisa lemari, tv, kulkas atau juga kita bisa memperindah ruangannya dengan memasang keramik pada lantainya, bisa juga menambahkan warna pada dindingnya dan sebagainya apapun bisa kita lakukan untuk memperindah ruangan tersebut begitu pula pada blog kita bisa mengganti warnanya, bisa mendesign gaya blognya, mengatur tata letaknya, menempatkan widget-widget yang sesuai dengan tema blognya dan lain-lain. Untuk itu pada blog ini akan dibahas secara tuntas bagaimana cara mendesign sebuah blog dari mulai nol sampai blog terlihat profesional meskipun domain yang digunakan merupakan domain gratis blogspot.. pada tahap pertama ini blogger newbie akan memaparkan langkah awal dalam pembuatan blog.
langkah pertama adalah menyiapkan sebuah akun gmail dengan cara mendaftar di google mail klik disini, setelah berada pada hlaman google account klik buat akun

langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi anda pada form yang telah disediakan, isilah dengan data pribadi yang benar agar apabila terjadi sesuatu pada gmail anda pemulihannya bisa cepat dan tidak menggangu akun blogger anda.


Form yang harus diisi adalah :
nama depan dan belakang ( isi dengan nama asli bukan samaran, penting karena untuk selanjutnya alamat email ini mungkin anda gunakan untuk membuka rekening online yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog, pemuatan nama tidak asli akan mempersulit anda sendiri jadi saya sarankan anda menggunakan nama sesuai yang tertera dalam kartu identitas yang resmi )
Pilih nama pengguna ( memilih nama pengguna untuk alamat email yang nanti anda gunakan pun sangat penting, pilihlah nama pengguna yang sederhana dan mudah diingat karena satu akun email ini dapat digunakan pada semua aktivitas googling pada akun google tidak hanya pada blog saja, jadi pilihlah nama yang sesuai dengan pribadi atau blog atau aktivitas keseharian anda, misalnya : bloggernewbie.me, ihsan.anaku, bayi.me. dan lain sebagainya. pemberian @gmail.com akan otomatis ditambahkan pada nama pengguna anda jadi tidak perlu menuliskannnya pada akhir nama pengguna anda )
Buat sandi ( gunakan sandi yang mudah diingat namun tidak mudah diketahui orang lain hal ini bisa mengakibatkan akun anda bisa digunakan orang lain dan itu tentunya akan merugikan anda senidiri, sekedar saran jangan menggunkan sandi dari nama anda dan tanggal lahir anda karena hal ini mudah dilacak oleh orang lain gunakanlah sandi yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka, misalnya ayamku82, bajukotor21 dan lain sebagainya.
Konfirmasi sandi anda ( masukkan kembali sandi yang tadi sudah dibuat pada kolom ini )
Tanggal lahir ( seperti halnya nama, masukkan tanggal lahir sesuai tanggal kelahiran anda yang benar untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan )
Gender ( pilih dengan cara klik tanda panah pada sebelah kanan kolom sesuai jenis kelamin anda )
Ponsel ( masukan nomor telephone yang masih aktif karena adakalanya google akan memverifikasi akun anda melalui nomor telephone, jadi bila anda tidak memasukkan nomor yang benar akun google atau gmail anda tidak dapat di verifikasi )
Alamat email saat ini ( isi jika anda mempunyai email selain yang akan dibuat kali ini atau kosongkan jika belum punya )
ketik teks ( ketikkan teks sesuai dengan gambar angka atau huruf yang tertera pada kolom atasnya )
Lokasi ( pilih negara atau kewarganegaraan )
Centang kolom " saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google "
klik langkah selanjutnya
Selamat karena anda telah berhasil membuat akun gmail anda, mohon diingat alat email dan kata sandi nya. untuk melanjutkan ke langkah berikutnya klik disini untuk menuju blogger dasbor