Tuesday, March 29, 2016

Mengenal Blogger Dasbor

Setelah berhasil membuat akun gmail, tahap selanjutnya kita sudah bisa memulai membuat blog melalui blogger dasbor. masuk dulu ke akun gmail anda atau klik disini, ketikan alamat gmail kemudian masukkan juga passwordnya
 


jika alamat gmail dan kata sandi yang anda masukkan sesuai anda akan dihadapkan pada halaman google akun milik anda, anda dapat melihat profil anda pada pojok kanan atas pada halaman tersebut. satu akun ini sudah terintegrasi kesemua akun milik google termasuk google+, google map, youtube, dll.


Lewati saja halaman akun google ini, langsung saja buka tab baru kemudian masuk ke alamat blogger anda atau klik disini, anda akan berada pada halaman utama blogger dashbor yang merupakan rumah dari blog anda, anda sudah dihadapkan pada halaman depan pada tahap pembuatan blog. untuk memulai membuat blog klik blog baru yang terletak pada pojok kiri atas, dibawah profil anda.


setelah anda klik blog baru untuk membuat blog anda, akan muncul popup box yang merupakan form yang harus anda isi untuk mendeskripsikan blog anda yang akan dibuat. pada form tersebut terdapat bebeaapa item diantaranya :
Judul  : Masukkan judul blog yang akan anda gunakan pada blog anda misalnya blogger newbie, blog wonk serang. pecinta kuliner, dan lain-lain ( judul blog dapat diedit pada setelan blogger dashbor )
Alamat  : Masukkan alamat blog yang akan anda buat sebagai alamat link utama blog anda, seyogyanya alamat blog ada korelasinya dengan tema ataupun judul blog anda, agar alamat blog mudah diingat dan terkesan nyambung. misalnya tema blog anda tentang kuliner contoh alamat blognya adalah kulinertradisional.blogspot.com, kulinerindonesia.blogspot.com, ketikkanlah alamat blog anda sampai engine google memberitahukan " alamat blog ini tersedia ". ketika alamat yang anda masukkan sudah digunakan blogger lain, ketikkan alamat blog yang mirip dengan alamat tersebut atau bisa juga menambahkan strip pada lamat blog tersebut. misalnya alamat blog yang akan dimasukkan adalah kulinerindonesia.blogspot.com, jika alamat ini sudah digunakan sebelumnya anda dapat mencoba  kulinerindonesia-ku.blogspot.com, begitu seterusnya. ( Alamat blog dapat diedit pada setelan blogger dashbor )
Template  : pilih template sesuai keinginan dan tema blog anda, untuk blogger newbie saya sarankan menggunakan template sederhana karena jika nanti anda sudah terbiasa dengan istilah-istilah pada blogspot anda akan dengan mudah menggantinya. ( Template dapat diedit atau diubah pada setelan blogger dashbor )
Setelah semuanya terisi dengan baik dan benar dan anda sudah yakin dengan yang anda masukkan klik Buat blog! 

kemudian anda akan diarahkan pada bloggerdashbor dengan alamat blog yang baru saja anda buat. pada halaman ini terdapat beberapa menu yang bisa anda gunakan dalam melakukan aktifitas blogging termasuk membuat postingan. menu-menu tersebut diantaranya : ikhtisar, pos, laman, komentar, google+, statistik, kampanye, tata letak, template, dan setelan yang mana pembahasannya akan saya lanjutkan pada label berikutnya atau bisa klik disini. Sebenarnya pada tahap ini blog anda sudah selesai dibuat dan blog dasr inilah yang nanti akan kita kembangkan menjadi blog yang terlihat dan terkesan baik dan bagus meskipun kita menggunakan akun gratis blogspot dari google. untuk melihat preview blog anda klik saja Lihat blog pada tab paling atas sebelah kiri.
 


sekali lagi saya ucapkan selamat karena anda sudah dapat membuat blog anda sendiri klik disini untuk tutorial langkah berikutnya atau anda bisa melanjutkan blog anda dengan label Mengenal istilah pada blogger dasbor